Kamis, 22 Oktober 2015

Penting Nih Buat Bunda Cara agar Cepat Hamil setelah KB

Cara agar Cepat Hamil setelah KB
Cara agar Cepat Hamil setelah KB - Menjaga agar kehamilan dan memiliki keturunan agar tetap alami tanpa banyak campur tangan teknologi saat ini adalah sangat baik dan bijak. Namun, merencanakan kehamilan pun sah-sah saja, selagi memang benar-benar diperlukan. Salah satunya adalah penggunaan KB atau birth control. Bisa jadi Anda salah satu penggunannya dan saat ini sudah berhenti dan ingin mengetahui bagaimana cara agar cepat hamil setelah KB.

Sebenarnya, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan mengenai KB jika Anda dan pasangan memang memiliki organ reproduki yang subur. Meski ada banyak penelitian mengenai dampak KB, terutama dalam bentuk oral atau pil, namun pada umumnya KB atau alat kontrasepsi tidak akan membuat seorang wanita yang awalnya subur menjadi sulit memiliki anak.

Namun begitu, perlu diperhatikan juga bahwa waktu setelah berhenti KB bisa jadi sangat mempengaruhi. Efek dari KB bisa membuat seorang wanita sulit hamil dalam jangka waktu beberapa bulan. Itu mengapa, para ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya 1-2 periode menstruasi untuk mencoba hamil kembali. Tujuannya agar ritme alami dari siklus pada tubuh bisa kembali normal selepas KB.

Jangka waktu pasti untuk wanita bisa hamil dengan cepat setelah penggunaan KB sendiri bervariasi, tergantung keadaan tubuh ataupun jenis KB yang digunakan. Namun kisaran umumnya adalah 3-12 bulan.

Melakukan konsultasi dengan dokter
Ilmu mengenai hal ini hanya bisa Anda dapatkan sepenuhnya dari dokter ahli kandungan dan disiplin ilmu sejenisnya. Akan ada banyak hal yang bisa dibicarakan dengan dokter, mulai dari efek dari KB, keadaan tubuh secara fisik maupun emosional, faktor-faktor terkait kemungkinan hamil, dan lain sebagainya.

Sudah pernah memiliki anak atau tidak?
Menurut penelitian, gangguan kesuburan setelah berhenti menggunakan pil KB amat sedikit dan jika disinggung dengan waktu, maka cukup pendek. Selain itu, punya tidaknya anak juga bisa sangat berpengaruh.

Wanita berusia 25-29 yang belum pernah memiliki anak bisa jadi mengalami gangguan kesuburan setelah menggunakan KB, namun dampaknya relatif sebentar. Sedangkan wanita dengan umur 30-35 yang belum pernah memiliki anak lalu berhenti menggunakan KB akan lebih sulit memiliki anak. Meski begitu, penelitian tidak membuktikan bahwa wanita dalam keadaan tersebut menjadi mandul karena penggunaan pil KB. Selain itu, jika Anda pernah memiliki anak, maka kemungkinan kembali hamil setelah KB akan lebih tinggi.

Analisa siklus
Cara agar cepat hamil setelah KB selanjutnya adalah menganalisa siklus. Ini bisa dibilang adalah cara yang sederhana, namun efektif. Seperti dijelaskan sebelumnya, siklus
menstruasi maupun ovulasi bisa terganggu akibat penggunaan KB. Oleh sebab itu, bisa saja siklus Anda berubah-ubah, sehingga sulit untuk menentukan masa subur. Padahal kita tahu, mengetahui masa subur adalah cara yang ampuh agar bisa cepat hamil. Anda sendiri bisa melakukan konsultasi mengenai hal ini. Menggunakan cara-cara penghitungan siklus ataupun melihat keadaan alami, seperti munculnya lendir serviks juga bisa jadi acuan untuk mengetahui masa subur.Mau info lebih lengkap ? Klik Disini
Sedangkan yang mau langsung konsultasi program kehamilan "baca disini"